icon mobile

SEKILAS PENJAMINAN PT PII

Meningkatnya kebutuhan pembangunan infrastruktur nasional untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia di tengah keterbatasan anggaran Pemerintah, Pemerintah mendorong partisipasi swasta dalam pengembangan infrastruktur nasional melalui dukungan kebijakan, instrumen dan kerangka fiskal.

Sebagai bentuk dukungan tersebut, pada tanggal 30 Desember 2009 Pemerintah Indonesia telah membentuk PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) atau PT PII, sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dibawah Kementerian Keuangan yang bertugas untuk memberikan penjaminan atas proyek infrastruktur pemerintah yang dikembangkan dengan skema Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU)..

Informasi lebih lanjut
KRITERIA UMUM PENJAMINAN

Proyek infrastruktur yang dapat diberikan penjaminan oleh PT PII adalah proyek yang menggunakan skema Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) yang sesuai dengan Peraturan Presiden No. 38 Tahun 2015 tentang Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha dalam Penyediaan Infrastruktur.

Proyek tersebut harus diantaranya memenuhi kelayakan teknis dan keuangan serta sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan sektor terkait.

Informasi lebih lanjut
Proyek
IIGF Institute
IIGF Institute

PT PII telah merintis pembentukan IIGF Institute (IIGFI) sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan kapasitas para pemangku kepentingan terkait pemahaman, perencanaan dan pelaksanaan proyek pembangunan infrastruktur melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU)

Tujuan ini diupayakan melalui sistem pelatihan, penelitian, dan perluasan jangkauan dan keterlibatan (outreach) pemerintah, swasta dan masyarakat, dengan tetap mempertimbangkan kemungkinan untuk pengembangan institut ini dalam cakupan yang lebih luas.
 

Selengkapnya Tentang Iigf Institute
KEGIATAN SOSIAL PERUSAHAAN

PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/ PT PII aktif melaksanakan program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan sebagai bentuk kepedulian dan dukungan kepada masyarakat.

Fokus program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility – CSR) PT PII adalah utamanya pada bidang pendidikan sebagai bentuk investasi perusahaan jangka panjang untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia disekitar proyek infrastruktur yang didukung oleh PT PII, sebagai bagian dari mitigasi dampak sosial dari pembangunan infrastruktur di daerah tersebut.

Informasi lebih lanjut

Pemangku kepentingan

Selengkapnya